ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

16 Peluang Kerja Lulusan Psikologi Yang Harus Diketahui

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi di indonesia
prospek dan peluang kerja lulusan psikologi di indonesia

Bagi yang sudah kuliah di psikologi atau ingin ambil jurusan psikologi sebaiknya tahu akan kesempatan peluang kerja lulusan psikologi, prospek kerja lulusan psikologi Universitas Swasta dan Negeri terbaik terbilang sangat menjanjikan.

Psikologi adalah pengetahuan yang pelajari tingkah laku manusia jadi aktualisasi kejiwaan dan kepribadian. Karena ilmu psikologi mempelajari tingkah laku manusia dan dikelompokkan dalam pengetahuan psikologi sosial.

Baca juga:

Ada banyak kampus yang memasukkan dalam pengetahuan sains. Jurusan psikologi memang semakin banyak disukai oleh cewek, berkebalikan dengan jurusan teknik. Seperti teknik informatika, teknik industri, dan lainnya.

Tetapi untuk yang cowok dan telah masuk ke jurusan psikologi, jangan cemas, sebab peluang kerja lulusan psikologi masa depan justru cemerlang dan semakin banyak.

Dunia ilmu Psikologi terdiri jadi bagian-bagian besar, salah satu materi studi psikologi ialah psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perubahan serta psikologi industri dan manufaktur. Di sini tidak kami jabarkan satu-satu untuk bagian studinya itu.

Beberapa pertanyaan yang masuk ke Kami yang bertanya jika jurusan psikologi nanti kerjanya apa dong. Baik yang datang dari jurusan psikologi sendiri atau yang dari jurusan kuliah lainnya.

Baca juga: Fakta Menarik Jurusan Psikologi

Daftar Peluang Kerja Lulusan Psikologi di Indonesia

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi
prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Lumrah memang saat bertanya prospek kerja jurusan psikologi, dikarenakan masih kurang familiarnya jurusan ini bila dibanding contohnya keguruan yang profesinya lebih jelas.

Berikut ini adalah daftar prospek dan peluang kerja lulusan psikologi di Indonesia tahun 2020 beserta jumlah penghasilan atau gajinya yang wajib Anda ketahui berikut ini!

1. Human Resource Departement (HRD)

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Ini merupakan pekerjaan yang paling diminati oleh lulusan sarjana psikologi yaitu jadi HRD. Berita baiknya adalah sebagian besar perusahaan di Indonesia memerlukan Human Resource Development.

Entahlah itu dari perusahaan kecil maupun perusahaan yang multinasional. Dari pemerintahan atau swasta. Semua memerlukan, oleh karena itu HRD ini terbanyak memberi ke mana lulusan psikologi akan bekerja.

HRD di industri ada banyak penyebutan contohnya Human Sumber Management (HRM), Human Sumber Develompent (HRD), Human Sumber (HR), Human Capital (HC).

Bagian pekerjaanya ialah handle terkait dengan sdm yang berada di perusahaan. HRD ini ada banyak bagian, biasanya paling baik jadi tersebut:

  • HR Operation, bagian kerjanya terkait dengan operasional karyawan seumpama absensi, klaim penyembuhan.
  • Compensation and Keuntungan (CB) terkait dengan payroll atau pengupahan karyawan include dengan bonus serta privilege untuk karyawan yang lain.
  • Recruitment terkait dengan penerimaan karyawan dari hulu sampai hilir dari seleksi sampai test psikologi serta interview.
  • Training and Development (TD) terkait dengan training untuk pemenuhan kompetensi karyawan serta program peningkatan karyawan

Bagian ini bisa semakin bertambah atau di satukan bergantung besar serta kecilnya organisasi. Ada banyak perusahaan yang sampai mempunyai assessor jadi bagian sendiri saja yang di handle seseorang diri.

Alias merangkap: judulnya jadinya HR Generalist (semua di urusin). Jadi belum tentu enak ya jadi HR, meskipun begitu, semua bidang HR menjadi proses dan peluang kerja lulusan psikologi yang menjanjikan.

Kenapa menjanjikan? Pasalnya, gaji seorang HRD pada perusahaan multinasional di Indonesia tahun 2020 berkisar di antara Rp 35 juta hingga Rp 45 juta per bulan.

2. Konselor

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Peluang kerja lulusan psikologi sangat mungkin menjadi seorang Konselor Profesional, contohnya konselor remaja atau yang lain, sedangkan jabatan konselor di perusahaan adalah level jabatan yang tinggi, sehingga butuh pengalaman yang memadai.

Jabatan konselor ada yang manfaatnya terkait dengan konseling dengan karyawan yang memerlukan. Jika di luar perusahaan umumnya LSM atau NGO yang berfokus pada remaja, anak atau gender.

Sedangkan untuk S1 menjadi tester atau membuat laporan di bawah supervisi dari seseorang psikolog. Bila di rumah sakit seseorang psikolog dapat jadi seseorang konselor klinis pada masalah jiwa atau yang terkait dengan kendala perubahan mental anak.

Baca juga: Psikologi Anak

Tetapi ada banyak tipe pekerjaan yang berada di psikolog ini. Contohnya membangun tempat praktik sendiri seperti seseorang dokter. Praktik psikolog ini dapat terkait dengan tempat konsultasi atau tempat test calon karyawan.

Terkait peluang kerja lulusan psikologi nomor dua ini, kisaran gaji seorang Konselor lulusan Psikologi Fresh Graduate berkisar Rp 10 juta. Sedangkan untuk yang sudah berpengalaman 3-5 tahun, gajinya yaitu Rp 15 juta lebih per bulan.

3. Guru Bimbingan Konseling (BK)

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Bila Anda tertarik menjadi seseorang guru karena itu yang pas untuk lulusan psikologi ialah menjadi Guru  Bembimbing Konseling (BK), menurut kami peluang kerja lulusan psikologi yang satu ini cukup menjanjikan.

Untuk sekolah yang mempunyai guru spesial yang terkait dengan tuntunan konseling dari mulai Pendidikan Anak Umur Awal, Sekolah SD, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Baca juga:

Banyak keperluan guru tuntunan konseling ini bila dibanding dengan yang ketertarikan. Tetapi tidak semua sekolah memiliki lowongan ini umumnya ialah sekolah swasta yang lumayan besar.

Pekerjaan dari seseorang guru tuntunan konseling ialah memberi tuntunan serta konseling dengan anak yang terkait dengan permasalahan anak di sekolah seperti terkait dengan kendala belajar atau untuk mengoptimalkan kekuatan anak di sekolah.

Terkait gaji seorang Guru BK SMP, SMA, SMK, baik di sekolah swasta maupun negeri tahun 2020 berkisar Rp 2 juta hingga Rp 8 juta per bulan.

4. Dosen Psikologi

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Bila anda melanjutkan ke S2 karena itu anda mempunyai kesempatan menjadi seseorang dosen. Jadi seseorang dosen untuk saat ini memang di syaratkan yang telah lulus S2.

Menjadi dosen juga banyak pilihannya, dapat di bagian sosial, perubahan, klinis, tingkah laku industri, umum. Jadi kalaulah anda mendaftarkan jadi seseorang dosen maka beberapa pilihan sesuai bagian Anda sepanjang S2 dan tempat lowongannya.

Baca juga: Teori Psikologi Sosial

Apa gampang jadi seseorang dosen psikologi? Berdasarkan pengalaman untuk S1 yang meneruskan ke S2 tidak banyak hingga kesempatan menjadi seseorang dosen yang banyak. Khususnya kampus swasta.

Prospek penghasilan dari peluang kerja lulusan Psikologi keempat ini terbilang cukup tinggi, gaji seorang Dosen Psikologi di Indonesia yaitu berkisar di antara Rp 7 juta hingga Rp 15 juta per bulan.

5. Psikolog

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Proses kerja lulusan Psikologi dapat menjadi seorang Psikolog. Profesi ini merupakan jenis profesi khusus untuk mengatasi atau membantu gangguan mental manusia, meskipun gaji seorang Psikolog terbilang tidak terlalu besar.

Baca juga: Mitos Seputar Profesi Psikolog

Mengobatinya pun unik, dengan cara riset mendalam mengenai masalah-masalah yang sering menimpa seseorang tersebut secara terus menerus. Lalu mengobatinya dengan diskusi panjang, bukan melalui medis seperti memakai obat-obatan.

Saat ini banyak ditemukan orang-orang yang kesehatan mentalnya rapuh, lemah dan butuh bantuan. Salah satu caranya yakni dapat menghubungi para psikolog di rumah sakit atau klinik terdekat untuk menyelasaikan semua masalah tersebut.

Karena kalau telat sedikit saja dapat membuat seseorang stress dan ingin bunuh diri, oleh karena itu, profesi Psikolog menjadi sebuah peluang kerja lulusan Psikologi yang menantang dan paling banyak diminati.

Dilansir dari laman id.indeed.com per 7 Agustus 2020, gaji rata-rata seorang Psikolog di Indonesia adalah Rp 5,3 juta per bulan.

6. Psikiater

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Ilmu yang satu ini merupakan prospek kerja bagi profesi dokter dengan memiliki spesialisasi untuk diagnosis dan mengatasi gangguan mental atau emosional seseorang. Psikiater tersebut dapat mengatasi masalah jiwa ringan, medium hingga berat.

Prospek kerja lulusan psikologi yang satu ini cocok bagi Anda yang berasal dari dunia kedokteran dan ingin mempelajari lebih dalam dari dunia psikologi.

Karena ilmunya membuat sebuah perspektif baru tentang gangguan mental yang bisa diatasi dengan minum obat-obatan tertentu atau menjalani terapi khusus seperti Farmakoterapi.

Dilansir dari Loop.co.id, seorang Psikiater di Indonesia memiliki gaji sebesar $18.000 atau sekitar Rp 250 juta per bulannya, penghasilan yang sangat besar bukan?

7. Terapis Kesehatan Mental Anak

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Tugas utama Terapis Kesehatan Mental adalah memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental. Misalnya seseorang yang menderita autis.

Terapis harus mampu untuk mengembangkan dan memperhatikan perkembangannya. Kemudian juga harus lebih sabar menghadapi hal tersebut.

Menjadi terapis merupakan salah satu prospek kerja yang paling banyak dicari saat ini. Karena membutuhkan keuletan dan kesabaran tingkat tinggi dalam bekerja.

Biasanya mendapatkan gaji sangat besar. Mencapai sekitar 50 juta lebih untuk merawat 1 anak saja setiap bulannya.

8. Research and Development (RnD)

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Kemudian prospek kerja lulusan psikologi yang cemerlang selanjutnya yakni Research and Development, istilah lainnya yaitu Learning and Development.

Jenis profesi ini bertugas untuk melakukan riset mendalam terkait dengan pengembangan suatu produk baru.

Misalnya memperhatikan perilaku konsumen dalam hal menggunakannya, menganalisis target market, demografi, tingkat kepuasan hingga efek penggunan dari produk tersebut.

Kemudian setelah proses tersebut, data akan diolah untuk mengetahui hasil akhirnya. Karena tingkat kesuksesan suatu produk dapat dilihat dari cara RND meneliti sebuah data. Tidak hanya itu saja, juga dapat digunakan sebaga tolak ukur kepuasan konsumen sesuai dengan target market awal.

Dilansir dari laman resmi id.indeed.com, gaji rata-rata seorang Resource and Development (RnD) ataupun Learning and Development di Indonesia per 5 Agustus 2020 adalah Rp 4,1 juta per bulan.

9. Management Trainee

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Jenis pekerjaan yang satu ini mempunyai tanggung jawab untuk memberikan motivasi atau pelatihan khusus kepada karyawan suatu perusahaan. Hal tersebut terkait dengan meningkatkan kualitas diri agar pekerjaan yang dilakukan dapat selesai dengan cepat dan tepat.

Biasanya, perusahaan memberikan gaji sesuai dengan hitungan jam seorang trainer tersebut ketika melakukan pekerjaannya. Misalnya, dalam sehari trainer memberikan konsultasi selama 5 jam.

Tarif yang berlaku bukan dihitung per hari atau bulan, melainkan dari banyaknya hitungan dan kelas yang diambil dalam rangka pengembangan diri karyawan.

Namun melansir dari Indeed.com, gaji rata-rata seorang Management Trainee di Indonesia yaitu Rp 4,7 jt per bulan.

10. Translator Buku Psikologi dan Keilmuan

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Kemudian prospek kerja selanjutnya adalah memberikan Anda kebebasan untuk menerjemahkan buku-buku psikologi berbahasa asing atau Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Agar para pembacanya nanti dapat mengerti maksud pembuatan buku tersebut dengan baik.

Karena sejatinya, istilah-istilah di dalam dunia psikologi berasal dari bahasa latin atau asing yang dalam penggunaannya perlu untuk diterjemahkan artinya.

Selain itu, latar belakang menjadi mahasiswa jurusan psikologi ini juga penting sebagai bentuk kredibilitas dari sebuah buku terjemahan.

Dilansir dari laman resmi Gajimu.com, gaji kotor rata-rata per bulan tingkat lulusan S1 Psikologi dilihat dari jenis pekerjaan dan tahun pengalaman, untuk non pengalaman berkisar Rp 5,5 juta.

Sedangkan, jika memiliki pengalaman 5-10 tahun, gaji per bulan berkisar Rp 6,5 jt hingga Rp 7,3 juta per bulan.

11. Penulis Jurnal Psikologi International dan Buku Kredibel

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Peluang kerja jurusan psikologi selanjutnya adalah menjadi penulis buku atau jurnalis. Pekerjaan ini dapat menjadi prospek bagus ke depannya karena peluangnya sangat besar. Apalagi jika penulisnya adalah seorang psikolog profesional yang sudah berpengalaman lama di bidangnya.

Seperti dari ahli psikolog luar negeri yang berlomba-lomba untuk membuat buku dalam rangka penyampaian informasi baru mengenai perkembangan dunia psikologis.

Jika Anda seorang psikolog, dapat menulis sebuah buku juga yang isinya mengenai perkembangan ilmu-ilmu psikologi terbaru atau mempelajari studi kasus tertentu.

Karena di luar sana ada banyak contoh permasalahan yang sampai saat ini sulit untuk dicari asal-usulnya. Apalagi kalau topiknya sangat sensitif seperti bagaimana proses seorang laki-laki menjadi gay, homoseksual dan lainnya.

Insentif artikel atau jurnal ilmiah psikologi Internasional dan buku lainnya sampai artikel ini terbit yang kami ketahui berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.

Baca juga:

12. Pembimbing Kepribadian di Sekolah dan Universitas

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Peluang kerja lulusan psikologi selanjutnya ialah Pembimbing Kepribadian. Jenis pekerjaan yang satu ini minimal lulusan S2 Psikologi, ketika ingin melamar pekerjaan sebagai pengajar atau membimbing para siswanya.

Cara kerjanya yakni menawarkan kemampuan untuk melatih pengembangan diri siswa atau mahasiswa dengan cara meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Baca juga:

Biasanya, sekolah seperti ini banyak ditemui di luar negeri seperti pada Negara Jepang, Korea, Inggris dan lainnya. Kemudian Anda bisa menetapkan sistem atau metode pembelajaran dengan tepat bagi para siswa.

Pekerjaan seperti ini biasanya mendapatkan gaji disesuaikan dengan instansi tempat Anda bekerja. Umumnya, untuk sekolah negeri menawarkan lebih tinggi. Tetapi gaji rata-rata nya adalah Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per bulan.

Namun, benefit selain gaji lebih banyak dari lemabaga swasta karena pengeluaran atau penggajiannya tidak menunggu dari kantor pusat.

13. HeadHunter

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Prospek dan peluang kerja lulusan psikologi selanjutnya ialah sebagai Headhunter. Profesi ini merupakan salah satu profesi di bidang psikologi yang lagi ngehits.

Sebenernya sih, apa yang dikerjakan oleh Headhunter sama dengan apa yang dilakukan oleh perekrut pekerjaan.

Headhunter dengan perekrut sama-sama membantu perusahaan untuk mendapatkan kandidat karyawan/karyawati berkualitas yang layak dipekerjakan.

Bedanya, Headhunter bekerja di organisasi yang menawarkan jasa pencarian kandidat pegawai kantoran yang berkualitas.

Sementara itu, perekrut pada umumnya bekerja di perusahaan bidang apapun yang memiliki tanggung jawab buat mencari kandidat sesuai kebutuhan perusahaan dan permintaan atasan.

Teruntuk terkait gapok (gaji pokok), peluang kerja lulusan psikologi sebagai seorang Headhunter profesional dan berpengalaman dapat memperoleh penghasilan atau gaji hingga Rp 10 juta lebih per bulannya.

14. Konsultan SDM

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Prospek kerja lulusan jurusan psikologi selanjutnya yang perlu diketahui dan bisa Anda coba adalah menjadi seorang konsultan SDM (sumber daya manusia) di sebuah perusahaan bonafit di Indonesia.

Job Desk atau tugas pokoknya ialah memberikan saran maupun solusi kepada corporation perusahaan, baik yang baru mau memulai bisnisnya ataupun yang sudah berjalan.

Baca juga: Psikologi Warna

Penghasilan rata-rata yang bisa diperoleh oleh seorang konsultan SDM profesional dan berpengalaman mencapai Rp 10 jutaan hingga Rp 20 juta per bulan.

15. Staf Ahli

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Peluang kerja jurusan psikologi berikutnya yang bisa Anda coba adalah menjadi seorang Staf Ahli.

Untuk menjadi seorang staf ahli bukanlah perkara mudah, Anda memerlukan jam terbang yang tinggi dan kemampuan khusus agar bisa duduk pada posisi tersebut.

Selain di perusahaan swasta, Anda juga bisa menjadi staf ahli perusahaan bonafit, perusahaan BUMN, dan staf ahli di Kementrian lhoo.

Hingga artikel ini terbit, pendapatan atau gaji seorang staf ahli berada di angka Rp 20 juta hingga Rp 50 juta per bulan, tetapi juga bergantung berbagai faktor.

16. General Affairs

prospek dan peluang kerja lulusan psikologi

Prospek kerja lulusan S1 dan S2 jurusan psikologi yang terakhir dan layak Anda coba adalah menjabat posisi sebagai General Affairs perusahaan.

Job desk atau tugas pokok posisi ini ialah menjalankan program operasional perusahaan, seperti pembelian peralatan kantor dan sedikit membantu divisi HRD.

Terkait peluang kerja lulusan psikologi yang terakhir ini, penghasilan setiap bulannya, seorang General Affairs mendapatkan gaji sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

Nah, itulah sekelumit penjelasan terkait daftar prospek kerja lulusan psikologi dan peluang kerja lulusan psikologi baik kampus swasta maupun negeri di Indonesia dan mungkin belum Anda ketahui.

Jadi, apakah Anda sudah memiliki alasan kenapa harus memilih kuliah jurusan psikologi? Prospek dan peluang kerja lulusan Psikologi mana yang membuat Anda tertarik?

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.