ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

5 Fakta Jurusan Psikologi yang Harus Kamu Ketahui

fakta jurusan psikologi yang harus diketahui
fakta jurusan psikologi yang harus diketahui

Berdasarkan data hasil penerimaan mahasiswa baru di beberapa kampus di Indonesia, tiap tahun jurusan psikologi jadi salah satunya jurusan yang menarik banyak peminat.

Serta jumlahnya calon mahasiswa mendaftar program studi psikologi terus bertambah dari tahun ke tahun, baik di perguruan tinggi negeri atau swasta.

Lalu apa yang membuat jurusan psikologi dapat mempunyai peminat yang terus makin bertambah tiap tahunnya?

Fakta Jurusan Psikologi yang Harus Diketahui dan Kenapa Harus Memilihnya

fakta jurusan psikologi yang wajib diketahui
fakta jurusan psikologi yang wajib diketahui

Seperti diterbitkan di Rencanamu.id, di bawah ini lima fakta calon mahasiswa demikian menggandrungi jurusan psikologi, antara lain:

1. Prospek Profesi yang Luas

Beberapa orang berasumsi jika lulusan dari jurusan psikologi hanya mendapat pekerjaan sebagai karyawan di bagian sumber daya manusia (SDM). Asumsi itu tidak salah, tapi masih ada peluang kerja di bagian lain yang terkait dengan SDM.

Baca juga: Perbedaan Psikologi Profesi dan Ilmu Psikologi

Jadi contoh, kamu dapat kerja di bagian peningkatan karyawan, contohnya divisi learning and development, training, serta modul.

Selain itu, sisi yang bertanggungjawab dalam penerimaan karyawan, penataan keuangan dalam peningkatan SDM, manajemen administrasi karyawan, serta beberapa masalah lain masih berkaitan dengan psikologi.

Jika setelah lulus kamu pilih tidak bekerja di bagian SDM juga tidak jadi masalah sebab ada pilihan karier lain yang masih terkait.

Contohnya psikolog, konselor, guru tuntunan konseling, dosen psikologi, pelatih peningkatan SDM, serta market research.

Jadi, kamu tak perlu cemas untuk kuliah di jurusan psikologi. Karena, seandainya ingin berupaya serta serius, kesempatan kerjanya terbuka lebar.

Pilihan kerjaannya banyak sesuai dengan ketertarikan serta potensi, dan menjanjikan hari esok yang cerah.

Baca juga: Mitos Profesi Psikolog

2. Ilmu Pengetahuan Sains yang Aplikatif

Pengetahuan psikologi adalah salah satunya ilmu dan pengetahuan yang aplikatif serta ikuti perubahan jaman.

Karena, pengetahuan ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan seharian hingga beberapa lulusan psikologi memiliki lumayan banyak kesempatan kerja yang cemerlang.

Contohnya, waktu kamu jadi konselor pernikahan, tentu saja akan tahu beberapa permasalahan di rumah tangga orang lain.

Oleh sebab kamu sudah pelajari mengenai psikologi kepribadian satu orang waktu kuliah, kamu dapat mengimplementasikan pengetahuan itu untuk menangani permasalahan rumah tangga itu.

Selanjutnya kamu akan memberikan pendapat serta jalan keluar sesuai dengan kepribadian pasangan suami istri itu hingga permasalahan rumah tangga mereka dapat dipecahkan serta hidup rukun kembali.

Cukup menginspirasi bukan?

Baca juga: Psikologi Keluarga

3. Jurusan yang Menyenangkan

Buat orang yang tertarik dengan jurusan psikologi di Universitas Swasta dan Negeri terbaik, pasti memiliki pendapat jika program studi psikologi merupakan jurusan yang menyenangkan.

Karena, kamu akan pelajari mengenai kepribadian manusia, mental serta masalah mental, tingkah laku manusia dari beberapa anak sampai orangtua, skema asuh anak, serta beberapa hal.

Baca juga: Teori Psikologi Kepribadian

Dalam kata lain, kamu akan memperoleh pengetahuan untuk tahu mengenai diri kita, kenal orang lain, serta langkah berhubungan keduanya sesuai kepribadian masing-masing.

4. Mempelajari Banyak Hal Tentang Manusia

fakta menarik jurusan psikologi
fakta menarik jurusan psikologi

Jurusan psikologi mempelajari tentang hal yang terkait dengan medis, seperti neurologi manusia. Neurologi adalah pengetahuan yang pelajari tentang saraf otak serta kegiatan otak manusia dengan detil.

Dari situlah kamu dapat lihat jalinan di antara kapasitas saraf otak serta emosi manusia. Pengetahuan itu dikatakan sebagai neuropsikologi.

Baca juga:

5. Bisa Menolong Manusia yang Mengalami Gangguan Jiwa

Pengetahuan psikologi dapat disebutkan bisa menolong manusia sebab terkadang ada permasalahan dalam kehidupan manusia yang dikarenakan dari mulai pemikiran. Ini umumnya terkait dengan depresi serta rasa takut yang terlalu berlebih.

Jadi orang belajar mengenai pengetahuan psikologi, semakin lama kamu akan semakin tahu langkah menangani permasalahan yang ditemui orang tersebut.

Diantaranya dapat dengan memberi konseling serta memberitahu orang di sekelilingnya tentang langkah berkomunikasi yang baik hingga dapat mengurangi depresi yang dirasakan.

Baca juga:

Nah, itulah ulasan yang bisa kami berikan seputar fakta menarik jurusan psikologi dan alasan kenapa harus memilih jurusan kuliah psikologi. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.