ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

Apa itu Psikologi? Inilah Pengertian dan 4 Mazhabnya!

pengertian apa yang dimaksud dengan psikologi
pengertian apa yang dimaksud dengan psikologi

Beberapa psikolog populer dengan beberapa jenis pendekatan Psikologi itu pengetahuan yang benar-benar luas sehingga semakin sedikitnya orang yang belum memahami apa itu psikologi dan apa yang dimaksud dengan psikologi. Bagaimana tidak luas, psikologi itu mempelajari manusia.

Mempelajari apa yang ada pada pemikiran, tingkah laku, perasaan, emosi, dan lain-lain. Manusia ialah mahluk yang benar-benar kompleks, mahluk yang susah. Tiap orang tidak sama juga dengan yang lain, serta bila mereka ialah anak kembar mereka tidak akan sama.

Baca juga: Pengertian Psikologi Anak

Apa itu Psikologi?

pengertian apa itu psikologi
pengertian apa itu psikologi

Pengertian psikologi adalah disiplin ilmu dari salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari dan memahami sifat, perilaku, sikap, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah yang telah ada sejak berabad-abad silam.

Seseorang yang melakukan aktivitas praktik psikologis disebut sebagai Psikolog. Para psikolog di seluruh dunia berusaha untuk mempelajari dan memperbaiki kualitas hidup seseorang melalui intervensi tertentu.

Baik pada fungsi mental, proses mental, sifat, sikap, tingkah laku, prilaku individu maupun kelompok, yang didasari oleh proses fisiologis, neurologis, dan psikososial atau psikologi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Daftar Mazhab Psikologi Secara Umum

daftar jenis mazhab psikologi secara umum

Pendekatan-pendekatan dalam psikologi, atau kita sebutlah saja dengan mazhab, sebenarnya terdapat beberapa. Tetapi walau begitu penulis cuma akan menulis 4 mazhab saja.

Menurut para ahli, ada empat mazhad yang paling berpengaruh dan terbesar dalam bagian pengetahuan psikologi. Ke empat mazhab dalam psikologi itu ialah seperti berikut:

1. Psikoanalisa

Tidak dapat disangkal jika Psikoanalisa salah satu mazhab paling besar dalam psikologi. Teori ini dipelopori oleh Sigmund Freud, lepas dari pro-kontra serta masukan pada teori ini, Psikoanalisa jadi landasan buat beberapa pemikir hebat seperti Carl Jung dengan teorinya tentang persona, shadow, ekstrovert serta introvert serta Alfred Adler dengan teorinya superioritas, inferioritas, pola hidup, serta lain sebaginya.

Serta ada banyak psikolog yang menjelaskan jika beberapa orang yang merasakan dianya tambah tinggi dari Freud serta psikoanalisa sebenarnya sedang berdiri di atas bahunya Freud.

Tidak dapat disangkal jika Psikoanalisa memberi sumbangan besar serta jadi landasan buat beberapa pemikir seterusnya, serta buat beberapa orang yang mengkritiknya.

Cara tentang langkah mengecek pemikiran manusia, khususnya tentang pemikiran alam bawah sadar. Mengulas tentang susunan kepribadian, perubahan psikoseksual satu orang, insting hidup serta insting mati, serta beberapa hal lain yang dapat memberi info tentang alam bawah sadar.

Baca juga: Teori Psikologi Kepribadian Manusia

Therapy pada neurosis yang di inspirasi dari cara di atas. Satu bagian pengetahuan yang dilandasi oleh pengetahuan yang didapat dari cara serta pengalaman di bagian klinis.

Masukan pada teori ini ialah jika, Psikoanalisa begitu mengutamakan tentang utamanya seksual serta tidak mengutamakan peranan dari jalinan sosial. Di luar itu, keterangan tentang ego, superego, serta dipandang tidak demikian ilmiah sebab tidak bisa dibuktikan dengan fisik.

2. Behaviorisme

apa itu teori psikologi behaviorisme

Behaviorisme atau juga dikenal dengan behavioristik ialah pendekatan yang sistematis untuk mengerti mengenai tingkah laku manusia serta tingkah laku hewan.

Behaviorisme mengacu pada pendekatan psikologi yang mengutamakan pada cara kontrol yang lebih ilmiah. Beberapa tokoh psikologi populer dunia dari teori ini ialah B.F. Skinner, J. B. Watson, Edward Thorndike, serta masih banyak.

Behaviorisme adalah salah satunya saluran yang memberi sumbangsih yang besar buat pengetahuan psikologi. Khususnya dalam bagian therapy, umumnya therapy yang dikerjakan oleh beberapa psikolog ialah hasil aplikasi serta peningkatan dari teori ini.

Semua tingkah laku dipelajari dari lingkungan, mazhab behaviorisme mengutamakan peranan lingkungan dalam memengaruhi tingkah laku. Psikologi harus disaksikan dengan sains, teori dalam behaviorisme harus dapat terarah serta terobservasi, Buat mereka ide, ego, superego adalah hal yang tidak terarah serta jika hal itu bukan sains.

Saluran behaviorisme lebih mengutamakan tingkah laku yang kelihatan dibanding proses internal dalam diri manusia seperti pemikiran serta emosi. Menurut behaviorisme amat sedikit ketidaksamaan di antara evaluasi tingkah laku pada manusia serta pada hewan.

Menurut berhaviorisme tingkah laku ada sebab satu stimulus, ada suatu hal dari lingkungan kita yang mengakibatkan kita menimbulkan satu tingkah laku tersendiri.

Masukan pada teori ini ialah jika saluran behaviorisme begitu menyepelekan kompleksitas manusia. Manusia itu lebih dari cuma berperilaku sesuai apa yang berlangsung di lingkungan rumah, sekolah, kampus, tetapi didalamnya ada proses berpikir, memperhitungkan, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Psikologi Pendidikan

3. Humanistik

Humanistik atau juga dikenal dengan arti humanisme serta psikologi humanistik ialah mazhab dalam psikologi yang lihat manusia keseluruhannya. Untuk beberapa psikolog humanisme, mereka memandang jika kurang untuk pelajari manusia dari apa yang disaksikan oleh periset, tapi penting buat kita untuk lihat dari kaca mata manusia yang jalani hal itu.

Beberapa tokoh psikologi humanistik yang populer ialah Carl Rogers serta Abraham Maslow. Humanisme adalah salah satunya mazhab dalam psikologi yang memberi sumbangsih besar pada keilmuan ini.

Salah satunya therapy yang banyak dikerjakan oleh beberapa psikolog sekarang, yakni Konseling ialah dari hasil aplikasi teori humanistik. Pokok dari humanistik dapat dirangkum dalam point, yakni: Humanistik memandang jika kenyataan netral tidak demikian penting, yang penting itu ialah persepsi subjektif serta pandangan orang tentang dunia sendiri.

Beberapa pakar dalam bagian humanistik tidak suka pada seting laboratorium untuk mempelajari manusia, sebab satu kali lagi buat mereka kenyataan netral dari periset tidak demikian penting, yang penting ialah persepsi subjektif orang yang alami, bagaimana orang itu mengerti dunianya

Humanistik menampik memperbandingkan manusia dengan hewan, namun Humanistik lebih suka pada riset pada manusia dikerjakan lewat diari orang yang berkaitan, karya mereka, serta questioner yang sifatnya terbuka.

Sebab pendekatang psikologi humanistik yang tidak demikian mengutamakan riset laboratorium, beberapa pakar psikologi yang lain memandang jika pendekatan ini tidak pas untuk jadikan cara riset pada tingkah laku.

4. Psikologi Kognitif

pengertian apa itu apa itu psikologi kognitif

Psikologi kognitif ada jadi reaksi atas pendekatan behaviorisme yang dipandang tidak demikian mengutamakan peranan kognitif dalam menerangkan berlangsungnya tingkah laku. Konsentrasi dari psikologi kognitif ialah kegiatan mental dalam belajar serta timbulnya satu tingkah laku, mengerti bagaimana proses kognitif satu orang dalam menimbulkan tingkah laku.

Beberapa tokoh dari psikologi kognitif ialah Aaron T. Beck, Albert Ellis, dan lain-lain. Psikologi kognitif banyak memberi sumbangsih pada psikologi khususnya dalam menerangkan beberapa hal seperti daya ingat atau ingatan, persepsi, perhatian, bagaimana satu orang mengolah info, dan lain-lain.

Ilmu-ilmu tentang langkah menghapal, langkah supaya lebih kreatif dan lain-lain ialah hasil aplikasi dari psikologi kognitif.

Psikologi kognitif dipandang seperti psikologi yang benar-benar saintifik, sebab banyak memakai laboratorium untuk menerangkan serta pelajari tentang manusia.

Demikian keterangan singkat tentang empat mazhab dalam psikologi. Tiap mazhab mempunyai kelebihan serta kekurangan semasing. Tapi walau begitu, tiap mazhab itu memberi sumbangsih yang besar pada perubahan pengetahuan psikologi serta pandangan kita tentang manusia.

Nah, itulah pengertian apa itu psikologi yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Jadi, apakah Anda masih bingung dengan pertanyaan apa yang dimaksud dengan psikologi dalam kehidupan sehari-hari?

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.