ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

12 Manfaat Psikologi Pendidikan yang Jarang Diketahui Orang Awam

manfaat psikologi pendidikan secara umum dan menurut para ahli yang jarang diketahui orang awam
manfaat psikologi pendidikan secara umum dan menurut para ahli

Dunia pendidikan erat kaitannya dengan teori dan ilmu psikologi pendidikan karena mempengaruhi kegiatan pendidikan, salah satu tujuan dan manfaat psikologi pendidikan secara umum yang paling menonjol yaitu agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif.

Pastinya memperhatikan kemampuan peserta didik dan tingkah lakunya sehingga tidak ada keterpaksaan belajar. Sebenarnya, ada banyak manfaat psikologi pendidikan bagi siswa, guru, dosen, mahasiswa, pendidik, calon guru, dan anak usia dini.

Perlu diketahui, ruang lingkup teori psikologi pendidikan mempunyai cakupan yang luas. Karena mengacu pada kegiatan belajar siswa mengenai prinsip maupun karakteristik peserta didik, pastinya di mulai dari proses belajar dan situasi belajar sehingga siswa lebih cepat memahami materi yang diberikan dan memberikan manfaat besar.

Manfaat Psikologi Pendidikan Secara Umum yang Jarang Diketahui

manfaat psikologi pendidikan secara umum dan menurut para ahli yang jarang diketahui orang awam
manfaat psikologi pendidikan secara umum yang jarang diketahui orang

Jangan salah lho, ruang lingkup teori psikologi di dunia pendidikan mencakup banyak hal, karena dikemukakan berbagai teori oleh para ahli. Alhasil memberikan banyak manfaat di dunia pendidikan.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat psikologi pendidikan menurut para ahli yang jarang diketahui orang lain secara umum yang awam pada dunia ilmu psikologi anak dan pendidikan antara lain, sebagai berikut:

1. Memahami Perbedaan Siswa Secara Menyeluruh

Sejatinya, manfaat psikologi pendidikan yang pertama adalah memahami perbedaan siswa, siswi, mahasiswa, mahasiswi di sekolah dan di kampus.

Pemahaman tersebut berguna bagi guru beriteraksi pada siswa, mengingat kepribadian setiap siswa berbeda dan ada yang sulit di tebak. Dengan menjalankannya, guru tidak kewalahan memberikan pembelajaran yang efektif.

Yang terpenting adalah bersabar menghadapi tingkah laku siswa sehingga tidak menganggu kegiatan belajar di sekolah, berikan pemahaman pelajaran beberapa kali sehingga mengimbangi kemampuan siswa yang berbeda.

2. Suasana Belajar Semakin Kondusif

Sebagai guru, dituntut memahami psikologi seluruh siswanya sehingga kegiatan belajar dapat maksimal.

Untuk itulah memahami teori psikologi dunia pendidikan penting agar suasana belajar semakin kondusif, pastinya siswa lebih bersemangat belajar dan cepat menangkap materi yang diberikan guru.

3. Menciptakan Bimbingan untuk Siswa

Siapa sangka, manfaat teori psikologi pendidikan dapat menciptakan bimbingan untuk siswa loh. Alasannya, siswa nyaman dan tidak takut dengan guru sehingga komunikasi pembelajaran dapat maksimal, siswa tidak ragu menanyakan materi yang belum dikuasai.

Alhasil menciptakan siswa yang cerdas dan dapat menerapkan ilmu yang didapat pada masyarakat.

4. Terdapat Evaluasi Pembelajaran

Sebagai guru, diusahakan memiliki psikologi yang tepat sehingga semangat memberikan pelajaran di berbagai suasana. Dengan begitu objektif memberikan penilaian dan evaluasi pada peserta didik sesuai tingkat kemampuannya.

Hal tersebut memberikan kenyamanan bagi siswa dan setiap siswa mengetahui tingkat kemampuannya. Alhasil mereka semangat meningkatkan kemampuan sehingga mendapat nilai terbaik.

5. Media Belajar yang Tepat

Zaman digital ini, setiap sekolah memiliki tingkatan media belajar yang berstandar nasional dan internasional sehingga terdepan. Hal tersebut sejalan dengan teori psikologi pendidikan dan bermanfaat bagi siswa maupun guru, apalagi media belajar dapat disesuaikan dengan jenjang pendidikan maupun jurusan tersedia di sekolah.

Sementara media belajar yang dapat digunakan meliputi audio, media visual, motorik, dan metode lain yang mendukung pembelajaran lebih efektif. Selain itu media belajar membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan dan tidak monoton, alhasil siswa semangat mengikuti pelajaran.

6. Memotivasi Belajar Siswa

Terkadang, ada masanya siswa mengalami penurunan semangat belajar di sekolah karena berbagai alasan. Misalnya alasan menunggak administrasi sekolah maupun masalah di rumahnya.

Untuk itulah peran psikologi pendidikan penting diterapkan guru agar siswa semangat belajar apapun kondisinya, berikanlah dukungan belajar pada siswa dengan menargetkan keinginan siswa.

Seiring berjalannya waktu, siswa dapat berfikir dan semangat belajar selalu tinggi.

7. Memberi Konseling Anak

Pada saat mempelajari teori ilmu psikologi pendidikan, Anda bisa memanfaatkan teori psikologi pendidikan untuk belajar mengajar, khususnya bagi Anda yang berprofesi sebagai calon guru, pendidik, guru, ataupun dosen. Bimbingan atau konseling memiliki sifat penting yang bisa Anda lakukan sebagai pendidik atau guru.

Pada ilmu psikologi pendidikan, Anda akan banyak belajar hal untuk mendapatkan materi pembelajaran dan daftar masalah yang erat hubungannya dengan perkembangan manusia khususnya anak sekolah dan mahasiswa.

Sehingga manfaat psikologi pendidikan melalui bimbingan atau konseling ini akan berdampak bagus untuk perkembangan belajar anak, siswa/siswi hingga mahasiswa/mahasiswi yang menjadi anak didik Anda yang lebih efektif, efisien dan tertarget sesuai dengan minatnya.

8. Strategi Pembelajaran yang Tepat

Manfaat psikologi pendidikan yang selanjutnya adalah sebagai teknik dan cara pembelajaran yang tepat, sesuai, mudah dipahami dan efektif.

Sehingga, jika Anda adalah seorang pengajar, guru, dosen, ataupun calon guru harus mempunyai bekal atau teknik dasar ilmu psikologi pendidikan agar bisa menciptakan strategi belajar mengajar yang tepat, efektif, efisien dan bisa digunakan serta terapkan pada kondisi atau keadaan tertentu di sekolah dan universitas.

Terlebih lagi jika kondisi karakteristik siswa dan mahasiswa yang berbeda-beda, karena ada bermacam ragam kecerdasan manusia di dunia ini yang termasuk pada dunia pendidikan sekolah, universitas hingga tempat les.

9. Menghindari Penilaian yang Subjektif

Jika Anda merupakan seorang pendidik, pengajar, guru, dosen, atau bahkan ahli psikologi yang sudah mempelajari, memahami ilmu psikologi pendidikan dan mendapatkan banyak manfaat psikologi pendidikan dalam kehidupan sehari-hari.

Maka bisa dipastikan, Anda sudah mendalami dan memahami karakteristik, kelemahan dan kelebihan masing-masing anak, siswa siswi, mahasiswa mahasiswi dan peserta didik.

Yang perlu Anda ketahui, ketika melakukan praktik penilaian atau evaluasi belajar mengajar, seorang pengajar/guru/dosen bisa saja menjadi subjektif dan terkadang hanya melihat dari sikap yang ditonjolkan oleh anak didik.

Bisa jadi juga hanya dari nilai pelajaran saja tanpa memandang faktor penting lain lainnya seperti minat, kemampuan, sifat dan pemahaman anak didik atau siswa siswi dan mahasiswa mahasiswi.

Oleh karena itu, manfaat psikologi pendidikan memiliki peran penting untuk para calon dan guru, dosen hingga orang tua agar bisa dan mampu mendalami serta memahami masing-masing kemampuan, keahlian, karakteristik anak, siswa/siswi, mahasisiwa/mahasiswi dan anak didik lainnya secara adil yang bertujuan agar mereka memiliki kompetensi jangka panjang untuk masa depannya.

Maka bersama dengan hal tersebut, bisa dipastikan juga harus mempelajari lebih dalam tentang dunia psikologi keluarga yang mungkin masih banyak belum dipelajari oleh orang lain.

10. Mengantisipasi Kesulitan yang Muncul Tiba-tiba

Bisa dipastikan, semua orang tua, guru, dosen, hingga para pendidik di tempat les ingin mengantisipasi dan mengatasi masalah (jika sudah terjadi) yang ada pada anak didik, siswa/siswi, mahasiswa/mahasiswi.

Maka, ilmu psikologi pendidikan memiliki banyak peran penting yang berguna untuk mengatasi atau mengantisipasi masalah kesulitan belajar para anak didik di sekolah, universitas ataupun di tempat les.

Oleh karena itu, manfaat psikologi pendidikan sebagai solusi mengantisipasi masalah di sekolah, atau kesulitan belajar pada siswa siswi, mahasiswa mahasiswi atau anak didik tertentu yang memang memiliki kekurangan dalam pemahaman materi pelajaran yang ada.

Sehingga, para calon guru atau calon pendidik harus banyak mempelajari dan mendalami konsep dasar, ruang lingkup, karakteristik, hingga praktik dan ilmu teori psikologi pendidikan agar ketika telah resmi menjadi guru atau pengajar, ketika tiba-tiba anak didik mendapatkan masalah yang muncul tiba-tiba membuat Anda dengan mudah mencari solusi yang tepat, efektif, efisien dan jitu.

11. Pembentukan Karakter yang Berkompetensi

Manfaat psikologi pendidikan yang jarang diketahui orang selanjutnya adalah membentuk karakter anak didik, siswa/siswi, mahasiswa/mahasiswi yang berkualitas, berkompetensi dan unggul.

Terlebih lagi sesuai dengan minat dan kemampuan, bisa dipastikan anak didik, siswa/siswi, mahasiswa/mahasiswi berpotensi mendapatkan prestasi yang sangat gemilang.

manfaat psikologi pendidikan secara umum dan menurut para ahli yang jarang diketahui orang awam
manfaat psikologi pendidikan kepribadian dan karakter secara umum

Bahkan, mereka bisa mengetahui kemana arah yang akan dituju untuk masa depannya yang lebih baik dan sukses.

Karena pada dasarnya, pembentukan karakter anak didik, siswa/siswi sudah terkandung di dalam konsep dasar ilmu psikologi kepribadian manusia.

Oleh karena itu, ilmu psikologi pendidikan sangat erat dengan dunia psikologi kepribadian seseorang di dunia ini tak terkecuali anak kandung, peserta didik, siswa/siswi hingga mahasiswa/mahasiswi.

12. Menciptakan Ruang Belajar yang Membahagiakan

Kami selalu percaya bahwa ruang belajar mengajar yang menyenangkan dan membahagiakan adalah keinginan setiap anak didik, siswa/siswi dan mahasiswa/mahasiswi.

Karena pada dasarnya, manfaat psikologi pendidikan secara umum membuat pengajar, guru ataupun dosen menciptakan suasana belajar mengajar yang disukai oleh semua anak didiknya.

Para pendidik dengan pemahaman ilmu psikologi pendidikan yang luas bisa menciptakan iklim sosio emosional yang kondusif di dalam ruang kelas.

Sehingga, anak didik akan tetap belajar dengan fokus tanpa ada keributan, karena sebisa mungkin Anda jangan membuat suasana yang tegang atau membuat takut para anak didik.

Kesimpulan

Dunia psikologi pendidikan tidak hanya membicarakan soal pelajaran saja. Tapi mempelajari belajar mengajar dalam banyak hal seperti yang sudah Kami sampaikan di atas yaitu kepribadian, motivasi, kebahagiaan, mengantisipasi dan mengatasi masalah anak didik yang muncul tiba-tiba di sekolah dan kehidupan sehari-harinya yang terkandung pada konsep dasar dan penerapan ilmu psikologi sosial kepada anak didik.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak akan membuat Anda menjadi seorang yang paling tepat dan benar dalam membuat keputusan, ada banyak para ahli psikologi pendidikan di dunia ini yang bisa memberi bantuan kepada Anda untuk menentukan sebuah keputusan kepada anak didik.

Psikologi pendidikan juga bisa membuka lebar wawasan Anda sebagai calon pendidik, guru, dosen, orang tua untuk meluaskan pemikiran, tindakan Anda yang mengarah ke banyak hal positif dan sangat bermanfaat untuk anak, peserta didik siswa/siswi hingga mahasiswa/mahasiswi.

Informasi konsep dasar dan manfaat belajar ilmu psikologi pendidikan penting diketahui masyarakat luas. Dengan begitu semua orang saling membahu mengutamakan pendidikan.

Untuk itulah manfaat psikologi pendidikan secara umum dan menurut para ahli yang kami rangkum dari researchgate.net, academia.edu dan lainnya di atas dapat dijadikan wawasan. Berupayalah menciptakan generasi penerus bangsa yang berpendidikan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.