ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

pengertian antropologi menurut para ahli
pengertian antropologi menurut para ahli antropologi dunia

Pengertian Antropologi menurut para ahli antropologi dunia dan indonesia pasti berbeda-beda. Mungkin beberapa orang masih bingung dengan definisi apa itu antropologi.

Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari dan memahami manusia sebagai makhluk sosial dalam rangka interdisipliner dan komprehensif.

Ada beberapa pengertian antropologi menurut para ahli yang dikemukakan dari kajian ilmu antropologi pada ilmu psikologi.

Secara garis besar, ilmu antropologi terbagi menjadi 4 cabang ilmu yang saling berkaitan, yaitu:

  1. Antropologi sosial-budaya
  2. Antropologi biologis
  3. Linguistik
  4. Arkeologi

Dalam ilmu antropologi juga menggunakan teori evolusi biologi untuk memberi gambaran makna dan fakta sejarah perjalanan manusia.

Simak penjelasan lengkapnya mengenai pengertian antropologi menurut para ahli dunia di bawah ini.

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

pengertian antropologi menurut para ahli
pengertian antropologi menurut para ahli

Secara umum, antropologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang manusia.

Istilah antropologi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu anthropos dan logos. Anthropos memiliki pengertian yaitu manusia atau orang dan logos memiliki arti yaitu wacana (dalam arti cerdas, alasan).

Antropologi juga bisa diartikan sebagai sebuah studi yang mempelajari mengenai manusia dari dulu hingga sekarang yang menggambarkan manusia melalui ilmu kehidupan atau alam, ilmu sosial, dan humaniora.

Penggunaan studi ilmu ini juga menekankan dan menjelaskan perbedaan kelompok manusia dalam perspektif budaya material, cara hidup, bahasa, dan perilaku sosial.

Ilmu ini muncul pertama kali dari kepentingan orang-orang Eropa yang mempelajari mengenai karakteristik fisik, budaya, dan adat istiadat dengan kelompok etnis lain yang berbeda.

Pada awal kemunculannya, ilmu ini berfokus pada orang-orang yang lajang/tunggal dalam suatu kelompok masyarakat yang memiliki ciri fisik, bahasa, dan cara hidup yang sama di satu wilayah yang sama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian antropologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai manusia.

Khususnya tentang asal-usul, adat istiadat, ragam warna dan bentuk fisik, serta kepercayaan yang dianut pada masa lampau.

Beberapa pakar antropologi dunia juga mengemukakan pendapat mereka mengenai pengertian antropologi. Berikut ini merupakan pengertian antropologi menurut para ahli.

1. William A. Haviland

pengertian antropologi menurut para ahli

Pengertian Antropologi menurut William A. Haviland merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang umat manusia.

Ilmu ini berusaha membuat atau menciptakan suatu generalisasi yang berguna untuk mengetahui dan mempelajari tentang manusia beserta perilakunya guna memperoleh pemahaman mengenai keragaman hidup manusia secara lengkap.

Menurut Haviland, secara umum antropologi dibagi menjadi 2 cabang besar yaitu antropologi budaya dan antropologi fisik.

Untuk cabang antropologi budaya sendiri masih dibagi lagi menjadi 3 subbagian yang meliputi antropologi linguistic, arkeologi, dan etnologi.

2. David E. Hunter Hubel

Pengertian Antropologi menurut David Hunter Hubel adalah sebuah ilmu yang lahir atau muncul dari rasa keingintahuan manusia yang tidak terbatas.

3. Koentjaraningrat

pengertian antropologi menurut para ahli

Pengertian antropologi menurut para ahli Antropologi Indonesia seperti Koentjaraningrat adalah suatu ilmu atau studi yang mempelajari tentang berbagai warna dan bentuk fisik.

Selain itu juga mempelajari tentang budaya yang dihasilkan oleh umat manusia pada umumnya.

Ada lima jenis butir permasalahan yang dibahas dalam ilmu antropologi, yaitu sebagai berikut:

  • Masalah sejarah bagaimana terjadinya dan berkembangnya manusia sebagai makhluk biologis.
  • Masalah sejarah bagaimana terjadinya beragam warna dari umat manusia dipandang dari bentuk dan ciri-ciri fisik.
  • Masalah persebaran dan bagaimana terjadinya beragam bahasa yang diucapkan dan digunakan oleh masyarakat yang tersebar di seluruh dunia.
  • Masalah perkembangan, persebaran, dan bagaimana terjadinya beragam warna kebudayaan umat manusia yang ada di seluruh dunia.
  • Masalah dasar-dasar dan beragam warna kebudayaan yang ada di masyarakat, serta tersebarnya suku-suku bangsa di seluruh dunia.

4. Rifhi Siddiq

Arti antropologi menurut Rifhi Siddiq mengacu pada sebuah ilmu yang mempelajari dan mendalami semua aspek yang ada pada kehidupan manusia.

Aspek yang dipelajari dalam antropologi meliputi konsepsi kebudayaan, norma, ilmu pengetahuan, tradisi, teknologi, seni, linguistic dan lambang, serta kelembagaan.

5. Roger Keesing

Pengertian antropologi menurut Keesing merupakan suatu ilmu yang mempelajari kajian tentang manusia.

Menurut pendapatnya, antropologi terdorong untuk berorientasi pada upaya pemahaman makna bukan hanya sekadar ukuran yaitu dengan lebih menekankan pada penafsiran yang dekat dengan hakikat manusia atau human being (kemanusiaan).

6. Ariyono Suyono dan Kamus Antropologi

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Ariyono Suyono merupakan suatu ilmu yang berusaha untuk mempelajari dan mencapai sebuah pengertian mengenai tentang makhluk hidup.

Yaitu manusia dengan memahami, mempelajari, dan mendalami ragam warna dan bentuk fisik, kepribadian, masyarakat, dan kebudayaannya.

7. Prof. Dr. Harsojo, SU, M.Sc

pengertian antropologi menurut para ahli

Definisi antropologi menurut Prof. Dr. Harsojo, SU, M.Sc adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang umat manusia sebagai makhluk sosial yang bermasyarakat.

Terutama dalam segi tradisi, sifat khusus badani (fisik), cara produksi, dan nilai pergaulan hidup yang berbeda antar satu individu dengan individu lainnya.

8. Zerhun Dodda Doffana

Pengertian antropologi menurut Zerhun Dodda Doffana merupakan suatu studi keilmuan yang mempelajari dan mendalami berbagai aspek mengenai manusia.

9. Mario Blaser

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Mario Blaser adalah suatu ilmu yang meneliti dan mempelajari mengenai kehidupan manusia dari segi kebudayaan (culture).

Ia juga menekankan bahwa asal manusia sendiri bukanlah dari monyet yang mengalami evolusi hingga menjadi manusia, sehingga berbanding terbalik dengan teori Darwin.

10. Melville J. Herskovits

pengertian antropologi menurut para ahli

Definisi antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Herskovits merupakan sebuah studi keilmuan yang mempelajari tentang manusia dan kehidupannya.

11. Conrad Phillip Kottak

Antropologi merupakan studi ilmu yang secara holistic mempelajari berbagai keragaman pada manusia, meliputi aspek biologis, kebahasaan, sosial budaya, dan lingkungannya dalam dimensi waktu lampau, saat ini, dan masa mendatang.

Ia membagi antropologi menjadi 4 subdisiplin meliputi antropologi biologi, linguistik antropologi, antropologi sosial-budaya, dan arkeologi.

Baca juga:

Ilmu antropologi juga memiliki perspektif atau sudut pandang yang luas dan tidak seperti cara pandang orang pada umumnya.

Menurut Conrad Phillip Kottak, antropologi adalah sebuah studi mengenai semua lapisan masyarakat mulai dari masyarakat kuno (primitif) hingga modern dan masyarakat sederhana hingga masyarakat yang kompleks.

Dengan begitu, pengertian antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Kottak dapat disimpulkan sebagai suatu studi ilmu lintas budaya atau komparatif.

Dengan arti yang membandingkan antara satu kebudayaan di suatu masyarakat dengan kebudayaan masyarakat yang lainnya.

12. Prof. Dr. Sarmini, M. Hum

Definisi antropologi menurut Sarmini lebih menekankan pada aspek antropologi budaya.

Pengertian antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Sarmini ini menyatakan bahwa antropologi sebagai sebuah ilmu yang menggunakan aspek kebudayaan.

Yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di dalam kehidupan manusia melalui dimensi kebudayaan atau manusia itu sendiri.

13. Clifford Geertz

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Geertz adalah pabrik atau sumber pengertian mengenai kehidupan umat manusia untuk menafsirkan pengalaman dan menuntun tindakan.

14. Edward B. Tylor

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Edward B. Tylor adalah studi ilmu yang mempelajari mengenai perkembangan kebudayaan manusia dari yang sederhana hingga menjadi kompleks.

Menurut Edward B. Tylor, ada 3 tahap utama evolusi yang dilalui oleh manusia yaitu tahap liar, biadab, dan peradaban.

15. Prof. Steve Benford

pengertian antropologi menurut para ahli

Pengertian Antropologi budaya menurut Prof. Benford adalah segala cara yang bentuknya tidak berada di bawah kendali keturunan.

Dengan begitu, ilmu ini memiliki fungsi untuk membantu penyesuaian pada individu dan kelompok terhadap masyarakat ekologinya (hubungan timbal balik antara manusia dengan kondisi alam sekitar).

16. Tapi Omas Ihromi

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh T.O. Ihromi adalah sebuah cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang kehidupan manusia dengan perannya sebagai makhluk sosial, baik dalam segi ekonomi maupun politik.

17. Anthony Reid

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Anthony Reid merupakan suatu rumpun ilmu yang menjadikan berbagai macam cara hidup manusia beserta tindakannya sebagai objek penelitian dan bahan analisis.

18. Carol R. Ember dan Melvin Ember

Kedua ahli antropologi dunia ini mencoba menjelaskan definisi mengenai antropologi sebagai suatu disiplin ilmu yang didasarkan pada rasa keingintahuan yang tiada henti-hentinya (tidak terbatas) mengenai kehidupan manusia secara luas.

Pengertian ilmu antropologi menurut Carol R. Ember dan Melvim Ember adalah suatu ilmu yang berfokus pada kehidupan seluruh manusia yang ada di dunia.

Baik itu menemukan evolusinya dan perkembangan budaya dari masa lampau hingga saat ini.

19. Grace De Laguna

Pengertian antropologi menurut Grace de Laguna adalah suatu ilmu pengetahuan yang mencoba untuk membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia sebagai makhluk sosial dari zaman dahulu hingga sekarang ini.

20. A. L. Kroeber dan Clyde Kluckhohn

pengertian antropologi menurut para ahli
pengertian antropologi menurut para ahli

Dalam bukunya yang berjudul “Antropologi Budaya” Edisi Kedua, kedua pakar antropologi ini mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian antropologi secara lebih luas.

Pengertian antropologi menurut A. L. Kroeber dan Clyde Kluckhohn adalah suatu sistem pola yang implisit (tersirat) dan eksplisit (tersurat/terlihat).

Dua hal tersebut membahas mengenai perilaku manusia yang diwariskan dan dipelajari mengenai simbol-simbol yang menjadi prestasi khas manusia tersebut.

Dalam hal ini, antropologi sebagai suatu studi ilmu juga mempelajari bagaimana manusia mencoba bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

21. E. K. M. Masinambow

Definisi antropologi menurut Masinambow adalah suatu disiplin ilmu yang mencoba untuk mengkaji kelompok manusia atau yang biasa disebut dengan masyarakat.

22. Priscilla A. Hart

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Priscilla A. Hart adalah bagian dari teologi Kristiani.

Ia berpendapat bahwa antropologi merupakan studi ilmu yang mempelajari tentang asal-usul, sifat manusia, dan masa depannya.

Terutama perbedaannya dengan sifat Tuhan yaitu dengan mengubah antropologi gereja dengan memasukkan citra positif dari dalam diri wanita ke dalam bidang ilmu tersebut.

Baca juga:

23. Abdul Somad

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Abdul Shomad merupakan sebuah ilmu yang mempelajari dan memahami sifat-sifat yang dimiliki oleh semua jenis manusia secara luas.

24. Adam Kuper dan Richard B. Lee

Menurut kedua ahli ini, pengertian antropologi menurut Adam Kuper dan Richard B. Lee merupakan suatu disiplin ilmu yang dilahirkan dari “Rahim” revolusi kaum borjuis bangsa Eropa dan tumbuh dewasa di bawah asuhan para kaum penjajah.

25. Charles Darwin

pengertian antropologi menurut para ahli

Darwin mengaitkan ilmu antropologi ke dalam evolusi.

Dalam hal ini, Darwin lebih menekankan pada kajian ilmu antropologi fisik yang berkembang dengan pesat melalui penelitian-penelitian tentang asal mula dan perkembangan manusia.

Ia berpendapat bahwa manusia berasal dari monyet yang seiring perkembangan zaman mengalami evolusi.

Dengan begitu, pengertian antropologi menurut Charles Darwin adalah suatu studi keilmuan yang ingin membuktikan bahwa adanya perkembangan kebudayaan manusia dari masa ke masa dengan jangka waktu yang lama (evolusi).

26. Alfred Redcliffe-Brown

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Alfred Redcliffe-Brown merupakan studi ilmu yang memandang masyarakat beserta struktur sosial sebagai organisme yang sama dengan anatomi tubuh yang saling berkaitan.

27. Claude Levi-Strauss

Pengertian Antropologi menurut Claude Levi-Strauss adalah suatu ilmu yang berkaitan dengan sistem pemikiran pada masyarakat yang ada pada cerita rakyat.

Ilmu ini mencoba untuk menganalisis dengan perspektif atau sudut pandang oposisi biner (berlawanan).

Misalnya laki-laki dengan perempuan, atas-bawah, kanan-kiri, depan-belakang dan lain sebagainya.

28. Dr. Alan Barnard

Barnard berpendapat bahwa antropologi lahir beriringan dengan munculnya konsep kontrak sosial dan persepsi tentang hakikat manusia.

Selain itu juga tentang kehidupan bermasyarakat, dan kebudayaan yang beraneka ragam.

29. Kamus Oxford

Pengertian Antropologi menurut Kamus Oxford merupakan studi ilmu mengenai masyarakat dan budaya manusia beserta perkembangannya.

Sehingga bisa diartikan bahwa antropologi merupakan studi keilmuan yang mempelajari tentang karakteristik fisiologis dan biologis, serta evolusi pada manusia.

30. Encyclopedia Britannica

pengertian antropologi menurut para ahli

Pengertian Antropologi menurut Encyclopedia Britannica yaitu studi ilmu kemanusiaan yang mempelajari tentang manusia dalam berbagai aspek kehidupan.

Mulai dari sejarah evolusi, biologi, ciri-ciri masyarakat, hingga budaya yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya.

31. Frank Robert Vivelo

Dalam bukunya yang berjudul “Cultural Anthropology Handbook: a Basic Introduction” pada tahun 1978.

Definisi antropologi menurut Frank Robert Vivelo merupakan suatu studi ilmu tentang manusia yang mencoba untuk menelaah dan mempelajari manusia secara budaya biologi.

32. Simon Coleman dan Dr. Helen Watson

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Simon Coleman dan Dr. Helen Watson adalah sebuah kajian mengenai manusia dan masyarakat.

Baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dan manusia yang sedang berkembang ataupun yang sudah punah.

33. Allan H. Smith dan John L. Fischer

Pengertian Antropologi menurut Allan Smith dan John L. Fischer adalah ilmu yang berusaha untuk melihat dan mengamati manusia dari segala kompleksitasnya (seluruh aspek kehidupan manusia).

Aspek-aspek yang dipelajari dalam ilmu antropologi menurut Smith dan Fischer meliputi asal mula, sifat, ciri-ciri manusia, kebudayaan, dan perkembangannya.

34. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Kedua ahli antropologi dari Indonesia ini mencoba menjelaskan mengenai definisi antropologi menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari semua hasil karya dan cipta manusia.

35. Ralph Linton

pengertian antropologi menurut para ahli

Ralph Linton dalam bukunya yang berjudul “The Study of Man” menyatakan pendapatnya bahwa antropologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang manusia.

Sehingga manusia menjadi titik sentral (utama) dari kajian studi ilmu ini.

36. Yuni Sare

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Yuni Sare yaitu sebuah ilmu yang mempelajari dan mengasah kepekaan hati, serta menantang pola pikir manusia untuk lebih terbuka.

37. Prof. Dr. Nyoman Kutha Ratna

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Nyoman Kutha Ratna merupakan suatu bidang keilmuan yang mempelajari tentang berbagai aspek kehidupan pada manusia.

38. Ralph L. Beals dan Harry A. Hoyen, MD

Pengertian antropologi menurut Ralph L. Beals dan Harry A. Hoyen, MD yaitu suatu ilmu yang mempelajari manusia dan semua hal atau perilaku yang dilakukannya.

39. Serena Nanda

Pengertian Antropologi menurut Serena Nanda merupakan studi keilmuan yang mempelajari tentang manusia sebagai organisme menyeluruh.

Antropologi mencoba untuk memahami dan mempelajari semua aspek kehidupan manusia.

Bagaimana cara manusia tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarnya melalui interaksi kultural dan biologis, baik dari masa lampau hingga sekarang.

40. Ulf Hannerz

Pengertian antropologi menurut Hannerz merupakan suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan keanekaragaman manusia.

41. Alfred L. Kroeber

pengertian antropologi menurut para ahli

Pengertian antropologi menurut Alfred L. Kroeber adalah studi ilmu humaniora yang paling ilmiah dan humanis.

Ilmu ini menggunakan metode penyelidikan ilmiah dan prinsip analisis, serta penalaran ilmiah.

Studi ilmu ini juga mencakup dimensi ekspresif, artistik, dan simbolik perilaku manusia.

Sehingga semua antropolog berusaha untuk memperoleh apresiasi dan pemahaman tentang manusia secara lebih luas.

42. E. Adamson Hoebel

Pengertian Antropologi menurut para ahli yang dikemukakan oleh E. A. Hoebel merupakan sebuah studi ilmu pengetahuan kehidupan tentang manusia dan kerjanya.

43. Orang Awam di Indonesia

Pengertian antropologi yang terlintas di benak masyarakat pada umumnya atau awam hanya berfokus pada ilmu yang mempelajari mengenai fosil-fosil saja.

Padahal definisi mengenai fosil ini hanyalah salah satu cabang antropologi yaitu arkeologi.

Baca juga:

Dengan pengertian antropologi menurut para ahli yang sudah disebutkan di atas.

Anda dapat menyimpulkan bahwa antropologi merupakan suatu studi keilmuan yang mempelajari tentang kehidupan manusia, seluruh aspek kehidupan, dan segala sesuatu yang dikerjakannya.

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.