ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

3 Perbedaan Psikologi Profesi dan Ilmu Psikologi (Sains)

perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi menurut para ahli
perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi menurut para ahli

Tentu pernah dong beberapa dari kita terutamanya buat yang S1 nya jurusan Psikologi dengar “eh kamu kelak tamat lanjutin S2 Psikologi Profesi atau Sains?”, “Eh kalau ingin jadi Psikolog harus mengambil profesi apa sains, ya?”. Apakah sebelumnya sudah tahu apa saja perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi menurut para ahli?

Nah, pada kesempatan ini kami akan berusaha untuk membahas apa perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi atau yang biasa dikenal dengan Psikologi Sains.

Silahkan kita lihat terlebih dulu defenisi kedua-duanya merujuk pada kaidah psikologi yang diedarkan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). Klausal 1 Ayat 2, 3 serta 4 disana mengeluarkan bunyi:

Pengertian Ilmu Psikologi

perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi
pengertian serta perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi

Ilmu psikologi adalah pengetahuan yang fokus pada tingkah laku serta proses mental yang melatar-belakangi, dan aplikasi dalam kehidupan manusia.

Pakar dalam pengetahuan Psikologi dibedakan jadi 2 barisan yakni karier atau yang terkait dengan praktik psikologi serta pengetahuan psikologi terhitung dalam soal ini pengetahuan murni atau terapan.

Baca juga:

Pengertian Psikolog

perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi

Psikolog adalah lulusan pendidikan karier yang terkait dengan praktik psikologi dengan latar pendidikan Sarjana Psikologi lulusan program pendidikan tinggi psikologi strata 1 (S1) skema kurikukum lama atau yang ikuti pendidikan tinggi psikologi strata 1 (S1) serta lulus dari pendidikan karier psikologi atau strata 2 (S2) Pendidikan Magister Psikologi (Karier Psikolog).

Psikolog mempunyai wewenang untuk memberikan layanan psikologi yang mencakup bagian-bagian praktik klinis serta konseling, riset, edukasi, supervisi dalam kursus, layanan warga, peningkatan kebijaksanaan, interferensi sosial serta klinis.

Selain itu, juga sebagai peningkatan instrumen asesmen psikologi, penyelenggaraan asesmen, konseling, konsultasi organisasi, aktifitas-aktifitas dalam bagian forensik, perancangan serta pelajari program, dan administrasi.

Psikolog DIWAJIBKAN MEMILIKI IZIN PRAKTIK PSIKOLOGI sesuai ketetapan yang berlaku.

Pengertian Ilmuwan Psikologi

perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi

Ilmuwan psikologi ialah pakar dalam bagian pengetahuan psikologi dengan latar pendidikan strata 1 serta/atau strata 2 serta/atau strata 3 dalam bagian psikologi.

Ilmuwan psikologi mempunyai wewenang untuk memberi service psikologi yang mencakup bagian-bagian riset, edukasi, supervisi dalam kursus, service warga, peningkatan kebijaksanaan, interferensi sosial, peningkatan instrumen asesmen psikologi, pengadministrasian asesmen, konseling simpel, konsultasi organisasi, perancangan serta pelajari program.

Ilmuwan Psikologi dibedakan dalam barisan pengetahuan murni (sains) serta terapan.

Perbedaan Psikologi Profesi dan Ilmu Psikologi

perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi
perbedaan psikologi profesi dan ilmu psikologi secara umum

Psikologi profesi merupakan satu program kelanjutan seseorang sarjana psikologi menjadi seseorang psikolog yang nanti memiliki hak mempunyai gelar M. Psi (Magister Psikologi) Psikolog.

Sedangkan ilmu psikologi adalah program kelanjutan baik untuk sarjana psikologi atau non-psikologi untuk pelajari beberapa kaidah keilmuan psikologi yang memiliki hak memiliki gelar M. Si (Magister Sains) atau di sejumlah kampus di Indonesia seperti UGM menggunakan gelar M. A (Master of Arts).

Jadi, perbedaan paling fundamental di antara kedua-duanya yakni lulusan psikologi profesi memiliki hak jadi Psikolog serta memperoleh Surat Izin Praktik Psikologi dari HIMPSI, sedangkan ilmu psikologi merupakan sebuah dasar ilmu sains yang mempelajari tentang manusia.

Dalam soal materi belajar serta prospeknya pasti berlainan tetapi menurut kami, tidak ada hirarki atau mana yang bagusan di antara karier serta sains, kedua-duanya saling bagus bergantung arah kita nantinya ingin jadi apa.

Baca juga:

Demikian dahulu rekan-rekan kalau ada pertanyaan, semampu serta sepengetahuan kami akan suka hati menjawabnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.