ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

Tipe Kepribadian Sanguinis: Pengertian, Kelebihan & Kekurangannya

tipe kepribadian sanguinis
definisi tipe kepribadian sanguinis (foto: kepribadianku.com)

Di dunia ini ada empat tipe kepribadian manusia dengan karakteristik yang berbeda-bed, yaitu orang dengan tipe kepribadian sanguinis, koleris, plegmatis, dan melankolis.

Sanguine Personality berasal dari dalam diri sejak lahir dan terdapat pengaruh lingkungan tempat tinggal dia dibesarkan.

Masing-masing karakterisitik memiliki kelebihan dan kekurangan, tingkah laku (perilaku), watak kepribadian Sanguinis pun unik.

Dengan mengetahui karakteristik atau ciri-ciri kepribadian sanguinis, seseorang dapat mengoptimalkan diri ke arah yang lebih baik, serta meminimalkan hal negatif yang ada pada diri.

Kali ini terlebih dahulu kita akan membahas lebih dalam tentang kepribadian sanguinis, mulai dari definisi, contoh tipe kepribadian Sanguinis, kekurangan, kelebihan, karakteristik.

Apa itu Tipe Kepribadian Sanguinis

tipe kepribadian sanguinis
tipe kepribadian sanguinis

Pengertian orang dengan tipe kepribadian sanguinis adalah seseorang diidentikan dengan kepribadian yang populer, memiliki kemampuan persuasif, serta cenderung ingin tampil dan dikenal khalayak.

Jika kamu menemui orang yang terbuka, senang berbicara, mudah beradaptasi, memiliki kepribadian yang ramah, responsif, dan humoris, bisa jadi orang tersebut memiliki kepribadian sanguinis.

Orang sanguinis terkenal easy going, enggan berpikir berat atau terlalu serius, lebih sering memperlihatkan kegembiraan, serta membuat orang disekitarnya merasa bahagia dan nyaman.

Sanguinis dalam perspektis dunia ilmu psikologi kepribadian akan sangat antusias bercerita tentang banyak hal, bahkan hal receh sekalipun.

Orang yang memiliki tipe kepribadian sanguinis biasanya mendominasi bidang bisnis, politik, olahraga, dan hiburan.

Jika diasah dan dikembangkan dengan baik, kemampuan alami ini akan membuat sanguinis suskes pada bidang pekerjaan yang berhubungan dengan marketing, fashion, kuliner, atlit, artis, hingga politikus.

Baca juga: Fakta Jurusan Psikologi

Kekurangan Karakter Sanguinis

tipe kepribadian sanguinis
foto: kepribadianku.com

Setelah mengetahui definisi karakter Sanguinis, sekarang coba kita kulik apa saja yang menjadi kekurangan orang dengan tipe kepribadian sanguinis.

  1. Moody dan memiliki emosi yang naik turun.
  2. Terkadang sifatnya yang easy going, membuatnya tidak maksimal dalam pekerjaan dan kurang produktif.
  3. Harus berhati-hati dengan karakternya yang suka berbicara dan show off, agar tetap berbicara sesuai dengan fakta dan realita.
  4. Jika berada di lingkungan kerja yang menurutnya kurang/tidak menyenangkan, maka akan sangat berpengaruh terhadap profesionalitas dan kualitas kerja.
  5. Membutuhkan manajemen waktu yang lebih baik untuk menata setiap aktivitas dan pekerjaan agar tidak terbengkalai karena terlalu santai dan tidak dapat memprioritaskan mana yang harus didahulukan.

Kelebihan Karakter Sanguinis

tipe kepribadian sanguinis
foto: kepribadianku.com

Berikut ini kelebihan yang bisa dioptimalkan seseorang dengan tipe kepribadian sanguinis yang perlu diketahui sedini mungkin.

  1. Sanguinis memiliki karakter yang menyenangkan dan menyukai kesenangan, apa yang dilakukannya selalu berusaha untuk membuat diri dan orang disekitar bahagia.
  2. Mudah bergaul, ramah, supel, dan bersahabat.
  3. Relatif banyak bicara, cocok untuk beberapa pekerjaan tertentu.
  4. Terkadang tanpa sadar suka menggerakan anggota tubuh saat berbicara.
  5. Memiliki antusias yang tinggi dalam melakukan aktivitas dan kegiatan.
  6. Memiliki rasa iba dan belas kasihan terhadap orang yang membutuhkan.
  7. Ekspresif dan kompetitif.
  8. Memiliki selera humor.
  9. Memiliki rasa percaya diri dan sikap optimis.
  10. Senang berkumpul dan menebar aura positif.

Karakteristik Orang dengan Kepribadian Sanguinis dalam Berbagai Peran

tipe kepribadian sanguinis
foto: kepribadianku.com

Ada beberapa karakteristik, perilaku, ciri-ciri atau watak kepribadian Sanguinis yang harus diketahui dan pahami, antara lain yaitu:

1. Sanguinis sebagai Teman

Seperti yang telah dijelaskan di atas, orang dengan kepribadian sanguinis mudah sekali berteman dan akrab dengan orang.

Bahkan dengan orang yang baru dikenalnya. Feed back-nya, sanguinis mudah peduli dan care terhadap orang lain, senang berkumpul, dan senang dipuji.

Hal positif sanguinis lainnya adalah tidak sulit meminta maaf jika melakukan kesalahan dan tidak memiliki rasa dendam terhadap orang yang telah menyakitinya.

2. Sanguinis sebagai Pasangan

Jika kamu menyukai pasangan yang ekspresif, tidak ada salahnya untuk memilih seorang sanguinis.

Sanguinis memiliki banyak ide untuk mengunkapkan rasa cinta dan sayang terhadap pasangan, serta tidak segan untuk memberikan pujian dan rayuan gombal.

Selain itu, sanguinis juga senang memberi kejutan untuk pasangan. Namun, yang perlu diwaspadai dibalik sifat supelnya itu akan menjadi celah untuk berselingkuh.

Baca juga:

3. Sanguinis Saat Menjadi Orang Tua

Saat menjadi orang tua, seorang dengan tipe kepribadian sanguins akan berusaha membuat suasana rumah menjadi menyenangkan, menjadi sahabat dan teman bercerita bagi anak.

Bahkan berusaha menutupi setiap masalah yang terjadi. Bisa dibilang, tipe sanguins akan menjadi orang tua yang menyenangkan bagi anak.

Baca juga: Ucapan Orangtua yang Mempengaruhi Psikologis Anak

4. Sanguinis dalam Pekerjaan

Sanguinis bisa menjadi penyemangat dalam lingkungan kerjanya karena energi positif dan antusias kerja yang dimiliki ditularkannya kepada rekan kerja.

Cocok untuk pekerjaan yangg membutuhkan inovasi, kreativitas, dan ide-ide cemerlang, serta gebrakan baru. Sanguinis juga tidak segan membantu mengerjakan tugas yang ada.

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Psikologi

Kebutuhan Emosi Karakter Kepribadian Sanguinis

tipe kepribadian sanguinis
foto: kepribadianku.com

Untuk melengkapi pembahasan tentang sanguinis kali ini, kita akan membahas tentang emosi sangunis.

Seorang sanguinis cenderung ingin disayang, dipuji, dan diberi perhatian setiap saat.

Bahkan, perhatian kecil atau receh yang diberikan akan menjadi sesuatu hal yang berharga bagi seorang sanguinis. Jika ini tidak didapat, maka akan mudah merasa sedih dan kecewa.

Sifat kepribadian sanguinis yang suka berbicara terlalu banyak, suka menyela, dan mengungkapkan apa yang dirasa secara berlebihan, terkadang mengganggu orang di lingkungan sekitarnya.

Jika ingin menasehati seorang sanguinis, sebaiknya lakukan dengan cara atau pendekatan yang menyenangkan dan dengan bahasa yang halus agar tidak tersinggung.

Baca juga:

Itu tadi penjelasan tentang orang dengan tipe kepribadian sanguinis.

Semoga dengan penjelasan, mulai dari kelebihan, kekurangan, watak kepribadian sanguinis dalam berbagai peran, serta emosi memberikan manfaat bagi orang dengan tipe sanguinis dan orang-orang yang ada dilingkungan sekitarnya.

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.