ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

11 Tahapan & Cara Menjodohkan Teman yang Masih Jomblo

cara menjodohkan teman
tips dan cara menjodohkan teman

Bagaimana cara menjodohkan teman atau sahabat yang belum menikah? Tak dapat dipungkiri, pertanyaan tersebut pasti tersimpan dalam benak ketika Kamu sudah menikah.

Bukan tidak mungkin, Kamu pasti punya teman atau sahabat yang masih jomblo atau lajang dan tak kunjung menikah. Sehingga Kamu akan mencari cara atau tahapan menjodohkan teman supaya cepat menikah.

Menurut teori psikologi cinta, langkah-langkah dan cara menjodohkan teman terlihat sangat mudah. Pada praktiknya bisa dikatakan gampang-gampang susah, terlebih lagi jika kamu belum menemukan calon pasangan yang ideal untuk dia.

Tak salah memang jika Kamu mempunyai ide sebagai mak comblang nya dia, tetapi pastikan juga tipe pasangan ideal yang dia harapkan dan kenali terlebih dahulu seperti apa karakter temanmu.

Di dalam dunia psikologi cinta antara pria dan wanita, ada beberapa teori tentang cinta yang harus Kamu pahami agar tidak salah langkah dalam mengimplementasikan apapun cara menjodohkan teman Kamu.

Teori tentang cinta tersebut yang harus kamu pahami antara lain:

  1. Teori antara menyukai dan mencintai
  2. Teori kasih sayang yang tulus dan gairah
  3. Teori segitiga cinta

Yang paling penting Kamu sedikit pelajari dalam menjalankan cara-cara menjodohkan teman yang tak kunjung menikah adalah teori segitiga cinta. Karena teori tersebut menjabarkan terkait passion, komitmen dan keintiman.

Ketiga hal tersebut harus cari tahu terlebih dahulu, karena pola dan tahapan menjodohkan teman berawal dari teori segitiga cinta tentang pribadinya.

Jika kamu sudah mengetahui semua hal tentang teman yang ingin Kamu jodohkan dengan teman yang lain, langsung aja simak pembahasan tips menjodohkan teman supaya berjodoh dan cepat menikah.

Tips dan Cara Menjodohkan Teman yang Tak Kunjung Menikah

cara menjodohkan teman
cara menjodohkan teman yang belum menikah

Setidaknya ada cukup banyak langkah-langkah atau tahapan menjodohkan teman agar terbebas dari jeratan jomblo atau lajang supaya cepat menikah, antara lain yaitu:

1. Pahami Tipe Pasangan Ideal yang Mereka Inginkan

Tahapan menjodohkan teman yang pertama ini wajib Kamu pikirkan, cari tahu dulu seperti apa tipe pasangan yang temanmu inginkan.

Baik pribadi pasangan yang mereka butuhkan, usia, penampilan fisik, pekerjaan, sikap, perilaku, dan tentunya latar belakangnya.

2. Temukanlah Kecocokan Diantara Mereka

Sebelum Kamu mengajak mereka berjumpa meskipun secara tidak langsung cerita jika akan dijodohkan, kamu wajib mencari tahu juga hal-hal yang mungkin terdapat kecocokan.

Mulai dari sifat hingga hobi yang mereka suka, kalau setelah dipikir-pikir diantara mereka tidak ada kecocokan sama sekali, jangan langsung dibatalkan niat baik Kamu.

Tetapi gali lebih dalam lagi tentang seperti apa saja gambaran tipe pasangan ideal yang mereka inginkan harus Kamu ketahui sebelum hangout bareng Kamu.

3. Pelajari Karakter Masing-masing Lebih Jauh

Cara menjodohkan teman pada tahapan ketiga ini, Kamu juga wajib mempelajari karakternya lebih dalam.

Apakah kepribadian mereka sudah cocok untuk saling mengisi kekurangan dan melengkapi sebagai pasangan atau tidak. Bila memang tidak memungkinkan, apa boleh buat biarkan mereka saling mengenal secara langsung.

Baca juga:

4. Pastikan Salah Satu dari Mereka Mau Dijodohkan

Bila mereka berdua merupakan teman Kamu namun tidak saling mengenal, maka pada cara menjodohkan teman yang keempat ini kamu bisa tanyakan ke dia, mau dicomblangin atau tidak.

Jikalau kamu mendapat jawaban “Iya, mau!”, di sini lah titik dimana Kamu bisa mengatur waktu untuk janjian sama kedua teman kamu yang tidak kamu tanya mau dijodohkan atau tidak.

Kenapa? Karena dengan begitu, dia tidak akan curiga kalau mau dijodohkan dengan wanita atau pria yang menurut kamu cocok dengannya.

5. Gunakan Strategi Berpapasan

Nah, ini adalah trik menjodohkan teman dengan sedikit akting mengenalkan wanita atau pria yang mau Kamu jodohkan dengannya tanpa secara tidak disengaja.

Tujuannya agar mereka berdua bisa bertatap wajah secara langsung dan cipika cipiki, impossible dong jika mereka berdua tidak saling pandang memandang dan bertanya walaupun sedikit?

Langkah menjodohkan teman kamu di atas juga disebut sebagai Kencan Buta, karena mereka berdua merasakan kejutan dan bisa berkenalan dengan sesuka hati tanpa ada gangguan orang lain selain Kamu yaitu temannya.

6. Manfaatkan Waktu yang Tepat Untuk Hangout

tahapan dan cara menjodohkan teman
tahapan menjodohkan teman yang belum menikah

Jangan sampai salah langkah dalam mengatur waktu untuk hangout, bisa saja diantara mereka berdua baru saja sakit hati dengan mantan atau gebetannya.

Ini bukan waktu yang tepat untuk mengajak mereka berdua hangout, lebih baik Kamu menemaninya sampai merasa jauh lebih baik terlebih dahulu, setelah itu mengatur jadwal buat hangout bareng setelah tahapan sebelumnya sukses.

Jika diantara mereka berdua sudah siap buat nongkrong bareng, ajak ke salah satu tempat favorit Kamu dengan view yang menarik dan sedikit romantis serta tidak membosankan.

Bukan tidak mungkin, setelah mereka berdua berjumpa saat hangout bersama Kamu, mereka pasti akan semakin terasa seperti mendapatkan kejutan yang menarik dan indah.

7. Ceritakan Sepintas Hal Menarik Antara Mereka Berdua

Biasanya, bila seorang wanita dan pria setelah bertemu dan hangout bareng, mereka berdua pasti akan mencari tahu lebih dalam tentang orang yang baru ditemui.

Disaat inilah waktu yang pas buat Kamu menceritakan sekelumit teman kamu yang satu ke teman yang menjadi target perjodohan, ulas bagaimana Kamu bisa kagum dari mereka berdua, baik prestasi hingga hal unik.

Jelaskan sebagian saja jalan hidup diantara mereka berdua, jangan langsung menceritakan seluruhnya, biarkan nanti mereka yang saling berbagi kisah secara langsung.

8. Ajak Mereka Berdua Liburan Bersama

Tips menjodohkan teman yang ke-8 ini adalah salah satu pengalaman dari tim ePsikologi.com, yups liburan bareng.

Meskipun terasa keliatan banget menjodohkan mereka berdua, tetapi pada dasarnya mereka tidak bakal merasakan bahwa sedang dijodohkan.

Mulailah cari waktu buat liburan bareng bertiga ke beberapa destinasi wisata yang mereka suka, buatlah mereka berdua terasa nyaman dan happy bisa liburan bersama bareng Kamu dan teman kamu.

Hal ini dilakukan memiliki dasar yang jelas, yaitu membuat mereka berdua bisa semakin dekat satu sama lain tanpa canggung di depan kamu, asik bukan?

9. Berikan Waktu Kepada Mereka Untuk Berkencan

cara menjodohkan teman yang masih jomblo
tahapan menjodohkan teman yang masih lajang

Setelah Kamu berhasil membuat mereka berdua semakin dekat dengan cara liburan bersama, kini adalah waktu Kamu buat membiarkan mereka berjalan berdua tanpa kamu untuk saling bersosialisasi.

Ya, biarkan mereka saling mengenal lebih dalam, jangan ganggu waktu mereka. Yang terpenting adalah kamu udah berhasil membuat mereka mempunyai ketertarikan dan mulai saling suka.

Baca juga:

10. Cuci Tangan Kamu dari Interaksi Mereka Berdua

Tahapan menjodohkan teman yang ke-10 ini tidak berbeda jauh dari sebelumnya, tetapi jika Kamu sudah sampai di cara menjodohkan teman yang ini, artinya sudah waktunya kamu benar-benar melepas mereka dan mendoakannya.

Bukan tidak mungkin, ternyata mereka bisa cepat saling sayang dan langsung mengenalkan ke orangtuanya masing-masing ya, kan?

11. Mendoakan Mereka Berdua Agar Cepat Menikah

cara menjodohkan teman supaya cepat menikah
tahapan menjodohkan teman supaya cepat menikah

Kalau mereka sudah saling sayang dan berkomitmen untuk bersama, kamu tinggal berdoa saja kepadaNya agar mereka bisa cepat menikah.

Alhasil, cara-cara menjodohkan teman yang sudah Kamu lakukan pada artikel ini sudah berhasil menyatukan dua insan untuk saling mengikat janji suci dalam ikatan yang sah.

Niscaya, Kamu pasti akan merasa sangat bahagia yang luar biasa, ya seperti ketika pasangan kamu mengucapkan janji suci dihadapan orangtua kamu, penghulu, keluarga, sanak saudara, teman dan para tamu undangan akad nikah.

Jadi, apakah Kamu sudah siap mencoba langkah-langkah, tips dan trik, tahapan serta cara menjodohkan teman Kamu pada artikel ini? Jika iya, good luck, ya!

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.