ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, Kamu yang Mana?

tipe kepribadian manusia
jenis-jenis tipe kepribadian manusia menurut psikologi

Terdapat beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mengerti tipe-tipe kepribadian manusia, ciri, kemampuan, dan kekurangan setiap skema dasar watak manusia.

Khususnya ketika kita berhubungan dengan orang lain dalam beberapa kondisi dan situasi. Dalam ilmu psikologi, berkembang beberapa jenis teori yang terkait mengenai kepribadian.

Kini kita mengetahui tiga teori psikologi kepribadian yang cukup terkenal di masyarakat, misalnya: ambivert, introvert, dan ekstrovert.

Tetapi, bersamaan dengan berkembangnya ilmu dan pengetahuan, di bidang ilmu psikologi diketahui teori kepribadian yang ditingkatkan oleh pakar filsafat Yunani Hippocrates.

Kemudian disempurnakan oleh Galenus pada 400 tahun sebelum masehi, yang saat ini diketahui di dunia psikologi jadi teori Hippocrates-Galenus.

Nah, terhitung ke kepribadian manakah, kamu? Bila Kamu merupakan mahasiswa jurusan psikologi, Kamu harus juga memahami tentang hal ini.

Sebab mahasiswa banyak juga berinteraksi dengan orang lain tidak cukup dengan dosen serta rekan di Universitas Negeri maupun Swasta.

Baca juga: Film Psikologi Kepribadian

Apa itu Tipe Kepribadian Manusia

Pengertian tipe kepribadian manusia adalah segala bentuk macam perilaku, tingkah laku, sifat, karakter, watak dan ciri-ciri khas seorang manusia yang sudah ada sejak lahir hingga dewasa.

Segala jenis tipe kepribadian manusia yang sudah ada digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan tempat tinggal, sekolah, kampus, tempat umum hingga kantor.

Ada empat macam tipe kepribadian manusia menurut Hippocrates dan Galenus, yaitu

Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi Hippocrates & Galenus Pada Kehidupan Sehari-hari

Yuk, kita cari info bersama dengan dalam artikel berikut yang telah di kumpulkan dari beberapa sumber, diantaranya Today.com, Wikipedia.org, Livescience.com, HumanMetrics.com, Truity.com, yaitu sebagai berikut.

1. Tipe Kepribadian Sanguinis

tipe kepribadian manusia

Beberapa orang yang terhitung ke tipe kepribadian Sanguinis merasa cenderung ingin terkenal, merasakan ingin disukai oleh orang lain. Hidup mereka berasa senang-senang saja setiap hari.

Tetapi, gejolak emosinya bergelombang serta transparan. Tipe orang yang Sanguinis diketahui jadi orang yang menyukai bicara, ketertarikan, ekspresif, ceria, penuh rasa ingin tahu.

Satu waktu mereka dapat berteriak kegirangan, serta sesaat selanjutnya dia bisa saja menangis sesenggukan.

Tetapi bagian negatif dari tipe sanguinis ini ialah mereka cenderung sedikit cukup pelupa, susah berkonsentrasi.

Selain itu, tipe kepribadian Sanguinis dari sisi hidupnya serba tidak teratur yang mengakibatkan beberapa orang Sanguinis susah untuk hadir tepat waktu.

Baca juga: Psikologi Kepribadian

2. Tipe Kepribadian Koleris

tipe kepribadian manusia

Seseorang dengan tipe kepribadian koleris memiliki karakter jadi leader (pemimpin), mereka terhitung orang yang dinamis, pengambil ketetapan, berkeinginan keras dalam sampai target, bebas serta mandiri, senang rintangan.

Tetapi, orang dengan tipe koleris memiliki bagian negatif.

Contohnya: tidak sabar dan cepat geram, suka memerintah, sulit santai, suka pada pro-kontra serta pertikaian, begitu kaku serta keras, dan tidak senang yang berbelit-belit.

Baca: Kepribadian Koleris

3. Tipe Kepribadian Plegmatis

tipe kepribadian manusia

Beberapa orang dengan tipe Kepribadian Plegmatis ini mereka tidak senang berlangsung pada perselisihan, karenanya disuruh apa saja dia mau kerjakan, meskipun mereka tidak senang.

Baginya kedamaian ialah segala hal. Bila muncul permasalahan dia akan berupaya mencari jalan keluar yang damai tanpa ada muncul pertikaian.

Mereka ialah orang yang ingin merugi sedikit atau ikhlas sakit, yang penting masalahnya cepat selesai. Kemudian, orang yang plegmatis ini ialah orang yang tidak gampang dipengaruhi, teguh akan keputusannya.

Mereka lebih senang pada ketenangan serta tidak ingin memusingkan pada beberapa hal yang menurut dia tidak penting.

Baca: Kepribadian Plegmatis

4. Tipe Kepribadian Melankolis

tipe kepribadian manusia

Tipe kepribadian manusia paling akhir yang ada pada teori Hippocrates-Galenus ini ialah tipe kepribadian melankolis.

Orang dengan tipe melankolis ialah mereka yang cenderung seringkali merasakan cemas dalam kehidupannya, serta mereka memiliki rasa mudah menyerah.

Tetapi, jangan salah, seseorang dengan tipe melankolis ini memiliki ciri jadi orang yang kreatif serta berpikir benar-benar analitikal.

Baca: Kepribadian Melankolis

Jadi, Kamu termasuk tipe kepribadian manusia yang mana? Apapun tipe kepribadianmu, ingat-ingatlah selalu untuk dapat melakukan perbuatan baik pada seorang lain dimanapun serta setiap saat.

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.