ePsikologi | Media Belajar Ilmu Psikologi

5+ Teori Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli Dunia

teori psikologi pendidikan menurut para ahli
teori psikologi pendidikan menurut para ahli

Kamu pernah mendengar tentang Teori Psikologi Pendidikan (Educational Psychology Theory)? Apa sih itu?

Menurut Wikipedia, Psikologi Pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.

Selengkapnya disini: Psikologi Pendidikan

Ilmu dan teori psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang. Teori ini mempengaruhi kegiatan belajar mengajar sehingga kegiatas tersebut dapat berlangsung lebih efektif.

Teori Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli

pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli dan teori psikologi pendidikan menurut para ahli

Agar dapat memahami lebih jelas tentang berbagai macam jenis teori psikologi pendidikan menurut para ahli, kamu bisa melihat beberapa pendapat dari ahli tentang Psikologi Pendidikan dibawah ini :

1. Psikologi Pendidikan Menurut Witherington

Menurut Witherington (1982), Psikologi Pendidikan sebagai “A systematic study of process and factors involved in the education of human being” atau studi sistematis tentang proses-proses dalam faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

2. Psikologi Pendidikan Menurut Barlow

Menurut Barlow, Psikologi Pendidikan sebagai “a body of knowledge grounded in psychological research which provides a repertoire of resource to aid you in functioning more effectively in teaching learning process.”

Sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif.

3. Teori Behavioristik

Teori ini menjelaskan tentang pengamatan perubahan tentang tingkah laku yang di pengaruhi peristiwa di sekitar.

Teori ini berpandangan bahwa belajar terjadi karena Operant Conditionin, yaitu jika seseorang belajar dengan baik maka ia akan mendapat hadiah dan hal itu akan meningkatkan kualitas belajarnya.

4. Teori Kognitif (Bruner)

Teori ini mengutamakan bagaimana cara mengembangkan fungsi kognitif individu sehingga belajar menjadi maksimal.

Fungsi kognitif penting karena dapat mempengaruhi perkembangan peserta didik dalam proses pendidikan dan sebagai tolak ukur mensukseskan proses pembelajaran.

Beberapa prinsip belajar kognitif yang penting (Roger), yaitu:

  • Manusia memiliki keinginan alamiah dalam belajar, memiliki rasa ingin tahu alamiah terhadap dirinya, dan keinginan yang mendalam untuk mengeksplorasi dan asimilasi pengalaman baru.
  • Belajar akan lebih cepat dan bermakna jika bahan yang dipelajari siswa relevan dengan kebutuhan siswa.
  • Belajar secara partisipatif jauh lebih efektif dari belajar secara pasif dan orang belajar lebih banayak bila belajar atas pengarahan sendiri.
  • Belajar dapat ditingkatkan dengan mengurangi ancaman dari luar.
  • Belajar atas prakarsa sendiri dengan melibatkan keseluruhan pribadi, pikiran dan perasaan akan lebih baik dan tahan lama.
  • Kebebasan, kreatifitas, dan kepercayaan diri dalam belajar dapat ditingkatkan dengan evaluasi diri sendiri dan evaluasi dari orang lain tidak begitu penting.

5. Teori Belajar Humanisme (Carl R. Roger)

Teori ini mengutamakan keterlibatan individual peserta didik secara keseluruhan, sebab belajar tidak akan berlangsung jika tidak ada keterlibatan emosional peserta didik.

Teori ini menjelaskan bahwa seseorang dapat memilih apa yang ingin dipelajari, mengusahakan dan menilai proses pembelajarannya sendiri, sehingga di perlukan motivasi dari peserta didik itu sendiri.

Manfaat Psikologi Pendidikan

manfaat psikologi pendidikan secara umum dan menurut para ahli yang jarang diketahui orang awam

Ada dua jenis manfaat mempelajari ilmu psikologi pendidikan bagi guru dan murid, antara lain yaitu sebagai berikut.

Manfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan bagi Pendidik:

  1. Peka terhadap perilaku dan kebutuhan manusia untuk belajar.
  2. Mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada diri peserta didik.
  3. Mengetahui gejala-gejala yang di timbulkan oleh peserta didik dalam proses belajar mengajar.
  4. Mengembangkan diri sendiri untuk menjadi manusia pembelajar dan dapat membagi ilmunya pada orang lain secara profesional.
  5. Mengetahui teknik-teknik yang tepat untuk memaksimalkan potensi belajar anak didik.
  6. Mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan dalam metode belajar mengajar baik terhadap diri sendiri maupun orang lain serta berupaya untuk terus memperbaikinya.

Manfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan bagi Siswa Didik:

  1. Meningkatkan kemauan dan niat untuk mencari dan mendapatkan ilmu.
  2. Mengenali naluri dan potensi belajar.
  3. Mengembangkan diri mjd manusia pembelajar.
  4. Bertekad utk meningkatkan harkat dirinya lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dalam proses mengajar Pendidik di tuntut memiliki pengetahuan mengenai materi yang di ajarkan dan beberapa metode dalam penyampaian agar materi yang di sampaikan mudah untuk di pahami peserta didik.

Oleh karena itu, penguasaan terhadap ilmu Psikologi Pendidikan merupakan suatu tuntutan terhadap orang yang bergelut dalam dunia pendidikan sebagai salah satu keahlian pendidik.

Sebab seorang pendidik yang memiliki keahlian mendidik akan mampu membuat orang belajar dan kualitas seorang pendidik memberi pengaruh terhadap peningkatan kompetensi peserta didik.

Ada beberapa teori dalam psikologi pendidikan yaitu: Teori Behaviorisme, Teori Kognitifisme, Teori Humanisme dan Teori Konstruktivisme.

Sedangkan Ruang Lingkup dalam Psikologi Pendidikan dapat di lihat dalam proses pendidikan yaitu bagaimana tingkah laku peserta didik terhadap proses belajar dan tingkah laku pendidik dalam pembelajaran.

Sehingga bisa kita ambil kesimpulkan bahwa masalah belajar dan pembelajaran yang menjadi objek utama.

ePsikologi Digital Education

ePsikologi.com adalah situs belajar psikologi terpercaya dan media edukasi belajar ilmu psikologi, konsultasi psikologi, pendidikan psikologi, materi kuliah psikologi, dan informasi pendidikan umum secara online.